Blog & News

Data Integration Google Cloud SMG

Mengapa Data Integration Menjadi Kunci Sukses Bisnis di Era Big Data dan IoT?

Data integration adalah proses penggabungan data dari berbagai sumber data untuk menciptakan satu datasheet yang lengkap dan akurat. Proses ini sangat penting terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak sumber database, untuk menghasilkan informasi terpadu yang mudah diakses dan digunakan.  

Data integration atau integrasi data memungkinkan berbagai jenis data menjadi format standar dan disimpan ke dalam sistem seperti data warehouse atau data lake. Hasilnya perusahan dapat mengambil keputusan berdasarkan data yang valid dan dapat diakses dengan mudah. 

Lantas, mengapa data integration penting bagi bisnis di era digital ini? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini. 

Apa itu Data Integration?

apa itu data integration

Data integration adalah proses menggabungkan data dari berbagai sumber. Stitchdata menjelaskan bahwa data integration merupakan hal utama yang dilakukan sebelum melalui tahap analisis, membuat laporan, dan membuat perencanaan strategi bisnis. 

Saat melakukan integrasi, maka setiap gabungan data dari berbagai sumber akan menjadi satu tampilang yang komprehensif. Data integration umumnya dimulai dengan proses penyerapan yang mencakup langkah-langkah seperti pembersihan data, pemetaan ETL (Extract, Transform, and Load), dan transformasi yang melibatkan sejumlah elemen seperti jaringan sumber data, server master, dan SDM untuk mengakses data dari server master. 

Mengapa Data Integration Penting bagi Bisnis?

Big data, Internet of Things (IoT), cloud, dan sumber data lainnya telah menciptakan ledakan jumlah sumber dan volume data secara global. Secara historis, sebagian besar data yang ada telah dikumpulkan dan disimpan dalam penyimpanan data yang terpisah. 

Untuk itu, dibutuhkan proses integrasi data yang dapat membantu bisnis dalam menemukan, memindahkan, dan menggabungkan data dari berbagai sumber. Dengan begitu, bisnis bisa mendapatkan insight dan mendukung pengembangan Machine Learning serta analisis yang lebih andal. 

Data integration menjadi bagian penting dalam proses bisnis karena beberapa hal berikut: 

  • Menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi: data yang sudah dikumpulkan dapat memudahkan proses penyajian informasi yang lebih lengkap, termasuk untuk kebutuhan analisis data. 
  • Mengurangi risiko terjadi kesalahan: sistem penyimpanan data terpusat dapat memudahkan pengamilan data ketika dibutuhkan dan dapat mengurangi risiko terjadi kesalahan.  
  • Mendukung keputusan berbasis data: memungkinkan analisis data yang lebih akurat dan komprehensif sehingga dapat meningkatkan kualitas keputusan. 
  • Efisiensi operasional: meminimalkan redundansi data dan mempercepat proses bisnis dengan menyediakan akses data terpusat. 
  • Inovasi dan agilitas bisnis: memfasilitasi pengembangan produk dan layanan baru, sekaligus memanfaatkan data untuk mendapatkan insight baru. 
  • Peningkatan kepuasan pelanggan: menyediakan insight lengkap mengenai perilaku dan preferensi pelanggan yang dapat meningkatkan kualitas layanan. 
  • Data lebih berkualitas: data yang diintegrasikan ke dalam sistem terpusat akan lebih mudah diidentifikasi kualitas dan akurasinya. 

Tantangan yang Sering Dihadapi Tentang Data Integration

Ada sejumlah tantangan yang kerap dihadapi oleh perusahaan di tengah upaya mengintegrasikan data. Berikut enam tantangan tersebut. 

Kesulitan Menggunakan Platform Data Integration

Butuh waktu setidaknya enam bulan untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber untuk keperluan analisis data. Padahal, analis bisnis membutuhkan akses ke data untuk membuat keputusan bisnis yang tepat. Tak jarang perusahaan menggunakan jasa profesional data yang berpengalaman memiliki keahlian pada platform data integration. 

Kesulitan Manajemen Data Skala Besar

Tak sedikit perusahaan yang kesulitan mendapatkan data berkualitas yang mudah diakses dan dianalisis. Seiring dengan perkembangan sumber dan silo data, perusahaan dituntut untuk melakukan pertukaran, perpindahan, hingga duplikasi data di seluruh silo untuk kebutuhan analisis bisnis. 

Berbagai Cara Pengiriman Data

Meningkatnya kebutuhan pelanggan terkait pengiriman data, mulai dari batch, streaming, dan dapat diakses melalui satu platform. Seiring dengan semakin banyak aspek bisnis yang menciptakan jejak digital, perusahaan pun memanfaatkan integrasi dan analisis data secara real-time untuk mendorong hasil yang lebih baik bagi bisnis mereka. 

Semantik Data

Berbagai versi data yang memiliki makna sama dapat diatur atau diformat secara berbeda. Sebagai contoh, tanggal dapat disimpan secara numerik sebagai dd/mm/yy atau sebagai bulan, hari, tahun. Elemen dari ETL dan master data management tool dapat mengatasi tantangan ini. 

Capex dan Opex Tinggi untuk Infrastruktur

Perusahaan harus menambah capex dan opex untuk kebutuhan pengadaan, penerapan, pemeliharaan, dan pengelolaan infrastruktur yang dapat mendukung integrasi data. Integrasi data berbasis cloud sebagai managed service dapat secara langsung mengatasi masalah terkait biaya. 

Data Terkait Erat dengan Aplikasi

Dahulu, data sangat terikat dan bergantung pada aplikasi tertentu sehingga Anda tidak dapat mengambil dan menggunakannya di tempat lain. Namun sekarang, lapisan aplikasi dan data dipisahkan sehingga data dapat digunakan secara lebih fleksibel. 

Data Integration Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Data integration umumnya dapat digunakan untuk sejumlah hal sebagai berikut. 

AI dan Machine Learning

Data integration dapat menjadi fondasi untuk AI dan ML dengan menyediakan data gabungan berkualitas tinggi yang diperlukan untuk mendukung pengembangan model Machine Learning. 

Data Warehousing

Data integration menggabungkan data dari berbagai sumber ke dalam data warehouse untuk dianalisis sesuai kebutuhan bisnis. 

Data Lake Development

Data integration memindahkan data dari platform lokal yang terpisah-pisah ke dalam data lakes untuk mengekstrak nilai dengan mudah, untuk kebutuhan analisis lanjutan dan AI pada data. 

Migrasi Cloud dan Database Replication

Data integration merupakan bagian penting dalam memastikan transisi lancar ke cloud. Layanan transfer data, data connector, CDC tools, dan ETL tools semuanya memberikan opsi berbeda bagi perusahaan untuk migrasi ke cloud sambil mempertahankan kelangsungan bisnis. 

IoT

Data integration membantu mengumpulkan data dari berbagai sumber IoT ke dalam satu tempat sehingga perusahaan bisa mendapatkan nilai sesuai kebutuhan. 

Real-time Intelligence

Kemampuan data integration seperti streaming dan event ingestion dapat membantu memberikan prediksi dan rekomendasi secara real-time. 

Macam-macam Data Integration Tools

Platform data integration umumnya dilengkapi dengan tools sebagai berikut: 

  • Data ingestion tools: tools yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan dan mengimpor data untuk segera digunakan atau disimpan dan digunakan nanti. 
  • ETL tools: ETL merupakan singkatan dari extract, transform, dan load merupakan metode integrasi data yang paling umum. 
  • Data catalogs: tools ini membantu bisnis menemukan dan menginventarisasi aset data yang tersebar di berbagai tempat penyimpanan data. 
  • Data governance tools: tools yang dapat membantu memastikan ketersediaan, keamanan, kegunaan, dan integritas data. 
  • Data cleansing tools: tools yang dapat membersihkan data kotor dengan mengganti, memodifikasi, atau menghapusnya. 
  • Data migration tools: tools untuk memindahkan data di antara perangkat komputer, sistem penyimpanan, atau format aplikasi. 
  • Master data management tools: tools yang dapat membantu bisnis mematuhi definisi data yang umum dan yang valid. 
  • Data connector: tools ini dapat memindahkan data dari satu database ke database lain dan melakukan transformasi data. 

Baca Juga: Kenali Google Threat Intelligence, Solusi Proaktif Keamanan Siber Berbasis AI 

Permudah Data Integration dengan Google Cloud

Google Cloud telah menghilangkan salah satu hambatan terbesar dalam data integration, yaitu tools yang secara historis membutuhkan tim teknis yang terampil dalam melakukan data mining, merging, cleansing, dan anlisis untuk menghasilkan data yang berharga seperti data lake atau data warehouse. Dengan begitu, perusahaan dapat melakukan data integration secara lebih mudah dengan solusi Google Cloud. 

Dapatkan kemudahan integrasi dengan ekosistem Google Data Integration di Google Cloud seperti BigQuery, Google Analytics, dan Google Ads untuk analisis data lebih mendalam dan komprehensif dalam satu platform. Data integration berbasis AI dan Machine Learning Google Cloud memudahkan proses otomatisasi dan analisis data secara real-time, sehingga Anda mendapatkan insight lebih cepat untuk mendukung keputusan bisnis.  

Pengembangan data pipeline code-free dari ETL/ELT tersedia dengan Cloud Data Fusion, sebuah layanan terintegrasi, dan terkelola, cloud-native data ingestion yang memberikan kemampuan data engineer berpengalaman kepada tim untuk perusahaan di sektor apa pun – baik yang memiliki kemampuan coding atau tidak memiliki kemampuan coding sama sekali. Dataplex memudahkan bisnis dalam menemukan, mengelola, memantau, dan mengatur data secara terpusat di seluruh daa lakes, data warehouse, dan data marts dengan kemampuan kontrol yang konsisten. 

Untuk kebutuhan replikasi dan sinkronisasi data yang hampir real-time, Datastream adalah layanan replikasi dan serverless change data capture (CDC) yang memiliki spesialisasi dalam menangkap dan mengirimkan perubahan data saat terjadi di sumbernya. Dataflow  memungkinkan pemrosesan data stream dan batch secara terpadu secara cepat, serverless, dan hemat biaya. 

Dirancang untuk menangani data dalam skala besar, Google Cloud memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber tanpa mengorbankan performa. Standar keamanan tinggi dan kepatuhan terhadap regulasi internasional, Google Cloud memberikan keamanan solid untuk integrasi data, termasuk enkripsi data hingga pengelolaan akses data yang canggih.  

Dapatkan Kemudahan Google Cloud di SMG

Saatnya bisnis Anda melakukan data integration secara mudah dengan solusi dari Google Cloud. Smartnet Magna Global (Magna) sebagai bagian dari CTI Group dan merupakan authorized partner Google di Indonesia, Magna akan membantu Anda mengimplementasikan Google Cloud secara optimal. 

Magna didukung tenaga ahli bersertifikat dan berpengalaman di berbagai produk dan solusi, siap membantu perusahaan Anda mulai dari tahap konsultasi, pengembangan, hingga dukungan after-sales. Hubungi kami melalui link berikut untuk informasi lebih lanjut mengenai Google Cloud dan dapatkan penawaran menarik! 

Penulis: Ervina Anggraini – Content Writer CTI Group 

Start a Conversation

Privacy Policy

PT Smartnet Magna Global (“SMG” or “us”) is strongly committed to ensuring that your privacy is protected as utmost importance to us. https://www.magnaglobal.id/, we shall govern your use of this website, including all pages within this website (collectively referred to herein below as this “Website”), we want to contribute to providing a safe and secure environment for visitors.

The following are terms of privacy policy (“Privacy Policy”) between you (“you” or “your”) and SMG. By accessing the website, you acknowledge that you have read, understood and agree to be bound by this Privacy Policy.

Use of The Subscription Service by SMG and Our Customers

When you request information from SMG and supply information that personally identifies you or allows us to contact you, you agree to disclose that information with us. SMG may disclose such information for marketing, promotional and activity only for the purpose of SMG and the Website.

Collecting Information

You are free to explore the Website without providing any personal information about yourself. When you visit the Website or register for the subscription service, we provide some navigational information for you to fill out your personal information to access some content we offered.

SMG may collect your personal data such as your name, email address, company name, phone number and other information about yourself or your business. We are collecting your data in some ways, online and offline. SMG collects your data online using features of social media, email marketing, website, and cookies technology. We may collect your data offline in events like conference, gathering, workshop, etc. However, we will not use or disclose those informations with third party or send unsolicited email to any of the addresses we collect, without your express permission. We ensure that your personal identities will only be used in accordance with this Privacy Policy.

How SMG Use the Collected Information

SMG use the information that is collected only in compliance with this privacy policy. Customers who subscribe to our subscription services are obligated through our agreements with them to comply with this Privacy Policy.

In addition to the uses of your information, we may use your personal information to:

  • Improve your browsing experience by personalizing the websites and to improve the subscription services.
  • Send information about SMG.
  • Promote our services to you and share promotional and informational content with you in accordance with your communication preferences.
  • Send information to you regarding changes to our customers’ terms of service, Privacy Policy (including the cookie policy), or other legal agreements

Cookies Technology

Cookies are small pieces of data that the site transfers to the user’s computer hard drive when the user visits the website. Cookies can record your preferences when visiting a particular site and give the advantage of identifying the interest of our visitor for statistical analysis of our site. This information can enable us to improve the content, modifying and making our site more user friendly.

Cookies were used for some reasons such as technical reasons for our website to operate. Cookies also enable us to track and target the interest of our users to enhance the experience of our website and subscription service. This data is used to deliver customized content and promotions within the Helios to customers who have an interest on particular subjects. You have the right to decide whether to accept or refuse cookies. You can edit your cookies preferences on browser setup. If you choose to refuse the cookies, you may still use our website though your access to some functionality and areas of our website may be restricted. This Website may also display advertisements from third parties containing links to other websites of interest. Once you have used these links to leave our site, please note that we do not have any control over the website. SMG cannot be responsible for the protection and privacy of any information that you provide while visiting such websites and this Privacy Policy does not govern such websites.

Control Your Personal Data

SMG give control to you to manage your personal data. You can request access, correction, updates or deletion of your personal information. You may unsubscribe from our marketing activity by clicking unsubscribe us from the bottom of our email or contacting us directly to remove you from our subscription list.

We will keep your personal information accurate, and we allow you to correct or change your personal identifiable information through info@magnaglobal.id