Blog & News

Waspada! 5 Tantangan Ini Sering Hantui Bisnis E-commerce di Indonesia

Tantangan menjalankan bisnis e-commerce tidak hanya soal bersaing dengan kompetitor tetapi juga memenuhi ekspetasi pelanggan. Saat berbelanja di e-commerce, pelanggan menyukai aplikasi atau website yang mudah diakses dengan cepat dan memiliki sedikit toleransi terhadap website yang lambat bahkan gangguan transaksi.

Maka dari itu, infrastruktur IT e-commerce harus terus ditingkatkan dan dikelola untuk mendukung kelancaran proses jual beli online. Tidak bisa dipungkiri, menjamurnya aplikasi dan website e-commerce membuat perusahaan dan developer berfikir keras agar dapat memberikan best user experience dan tidak kehilangan pelanggannya.

Lalu, apa saja tantangan yang dihadapi bisnis e-commerce dan bagaimana solusi terbaik untuk menghadapinya? Simak penjelasannya di artikel ini.

5 Tantangan E-commerce di Indonesia

5 Tantangan E-commerce di IndonesiaElectronic commerce atau e-commerce adalah proses terjadinya transaksi jual beli yang dilakukan secara online, tanpa perlu melakukan tatap muka, melalui media elektronik. Meski e-commerce menghadirkan kemudahan proses jual beli, namun, tingkat persaingan antar bisnis e-commerce juga semakin tinggi. Berikut lima tantangan yang harus diatasi bisnis e-commerce agar bisnis tidak kalah saing.

Best User Experience

Pertahankan kinerja e-commerce di semua perangkat untuk memberikan best experience saat pelanggan berselancar di website atau aplikasi.

Performa Aplikasi dan Website

Jaga performa e-commerce dari website crash, downtime, dan lambat.

Agile Terhadap Perubahan Tren

Tingkatkan kualitas serta layanan e-commerce baik dari segi aplikasi, website, maupun product sesuai tren yang sedang ramai.

Memahami Costumer

Pahami kebutuhan pengunjung dengan melakukan riset demografi, pencarian, transaksi, review, dan lainnya.

Menjaga Inventaris Perusahaan

Kelola inventaris perusahaan secara real-time agar terhindar dari keterlambatan pengiriman produk.

Untuk mengatasi kelima tantangan di atas, menerapkan solusi Kubernetes adalah pilihan terbaik. Hal ini karena Kubernetes dilengkapi dengan monitor manager yang otomatis memberikan rekomendasi untuk menyesuaikan skala aplikasi demi mempercepat proses pengembangannya. Google Kubernetes Engine merupakan solusi yang tepat untuk membantu memperlancar aplikasi dan website e-commerce karena menyediakan layanan manajemen Kubernetes yang terdepan dan terpercaya.

Bagaimana Google Kubernetes Engine Bantu Hadapi Tantangan Bisnis E-commerce

agaimana Google Kubernetes Engine Bantu Hadapi Tantangan Bisnis E-commerce

Google Kubernetes Engine (GKE) adalah layanan manajemen container berbasis cloud yang disediakan oleh Google Cloud Platform (GCP). GKE memungkinkan perusahaan untuk mengelola aplikasi yang dijalankan dalam container secara efisien dan mudah di lingkungan Kubernetes.

Melalui GKE, perusahaan dapat membuat, mengelola, dan memperbarui klaster Kubernetes dengan cepat dan mudah tanpa khawatir tentang infrastruktur dasar seperti penyimpanan, jaringan, atau keamanan, karena semuanya dikelola oleh Google.

Selain itu, GKE juga terintegrasi dengan layanan GCP lainnya, sehingga pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur seperti load balancing, penyimpanan, dan manajemen identitas untuk aplikasi.

Platform container yang aman dan terkelola ini memungkinkan perusahaan menempatkan infrastruktur e-commerce mereka kapan pun untuk mendapatkan user experience dengan latensi rendah. GKE menyediakan container dalam bentuk format deployment bawaan dan mendukung penskalaan besar termasuk ribuan container, node, dan pod dalam satu klaster.

Perusahaan e-commerce juga dapat menggunakan GKE di data center atau di mana pun dengan menggunakan Anthos yaitu sebuah platform aplikasi terkelola. Anthos memperluas layanan Google Cloud dan praktik rekayasa sehingga perusahaan dapat memodernisasi aplikasi lebih cepat dan menjaga konsistensi operasional.

Baca Juga: Google Anthos, Pilihan Tepat Terapkan Multicloud!

8 Fitur Andalan Google Kubernetes Engine

Google Kubernetes Engine (GKE) memiliki delapan fitur yang dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan pengelola aplikasi dan website e-commerce.

1. Cluster Autoscaler

Secara otomatis menaikkan dan menurunkan skala aplikasi berdasarkan pemanfaatan sumber daya seperti CPU atau memori.

2. Penskalaan Otomatis

Menangani peningkatan permintaan dan menskalakannya secara horizontal atau vertikal sesuai kebutuhan bisnis untuk performa optimal dan efisiensi biaya.

3. Autoscale

Memungkinkan penskalaan otomatis cluster untuk membuat kumpulan node baru sehingga memudahkan Anda dalam mengakomodasi load.

4. Cluster Autopilot

Kelola infrastruktur klaster tanpa perlu mengonfigurasi atau memantau infrastruktur tersebut untuk memberikan pengalaman Kubernetes yang lengkap.

5. Standar Mode for Cluster Configuration Flexibility

Kelola infrastruktur cluster dengan fleksibilitas konfigurasi pada node sesuai kebutuhan bisnis.

6. Perbaikan Otomatis

Dikelola langsung teknisi Google SRE untuk memastikan cluster Anda selalu tersedia dan terbaru, termasuk peningkatan dan perbaikan otomatis node.

7. Fitur Keamanan Lengkap

Dilengkapi enkripsi dan pemindaian kerentanan sesuai dengan Kubernetes Network Policy.

8. Cloud Monitoring yang Terintegrasi

Health monitoring sumber daya e-commerce dengan menentukan SLIs dan SLOs untuk atasi troubleshoot serta data operasional untuk ditindaklanjuti.

3 Keuntungan Menggunakan Google Kubernetes Engine

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Google Kubernetes Engine untuk membantu pengelolaan aplikasi lebih mudah dan hasil kerja lebih mumpuni.

1. Mudah untuk Memulai

Cara termudah untuk menggunakan Kubernetes. Hanya dengan satu klik, Anda dapat memiliki sebuah cluster yang aktif.

2. Andal dan Selalu Tersedia

Sepenuhnya dikelola oleh Google untuk menjaga cluster tetap diperbarui dan sehat. Semua ini didukung oleh SLA yang memastikan cluster tetap aktif dan tersedia. GKE juga secara otomatis dapat memperbaiki, meng-upgrade, dan menskalakan cluster Anda dengan kontrol ketersediaan tinggi.

3. Terintegrasi dengan Google Cloud Platform (GCP)

Terintegrasi dengan GCP sehingga Anda dapat memanfaatkan infrastruktur dasar, jaringan, dan penyimpanan GCP, serta layanan tingkat tinggi yang bekerja dengan baik dengan Kubernetes.

Baca Juga: Transformasi Digital Jadi Mudah dan Aman dengan Google Cloud Platform

Dapatkan Solusi Google Kubernetes Engine di SMG

Smartnet Magna Global (Magna) sebagai authorized partner Google di Indonesia akan membantu Anda mengadopsi segala fitur Google Kubernetes Engine untuk mempermudah pengelolaan aplikasi perusahaan.

Magna juga didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi, yang akan membantu Anda mencari produk terbaik, fleksibel, dan skalabel. Kami pun akan membantu perusahaan Anda mulai dari tahap konsultasi, pengembangan, hingga dukungan after sales.

Tim IT profesional dan tersertifikasi Magna akan membantu Anda menghindari kesalahan dalam pengambilan keputusan pengembangan perusahaan Anda. Tertarik? Segera berlangganan Google Kubernetes Engine? Info lengkap, hubungi kami di sini.

Penulis: Wilsa Azmalia Putri

Content Writer CTI Group

Start a Conversation

Privacy Policy

PT Smartnet Magna Global (“SMG” or “us”) is strongly committed to ensuring that your privacy is protected as utmost importance to us. https://www.magnaglobal.id/, we shall govern your use of this website, including all pages within this website (collectively referred to herein below as this “Website”), we want to contribute to providing a safe and secure environment for visitors.

The following are terms of privacy policy (“Privacy Policy”) between you (“you” or “your”) and SMG. By accessing the website, you acknowledge that you have read, understood and agree to be bound by this Privacy Policy.

Use of The Subscription Service by SMG and Our Customers

When you request information from SMG and supply information that personally identifies you or allows us to contact you, you agree to disclose that information with us. SMG may disclose such information for marketing, promotional and activity only for the purpose of SMG and the Website.

Collecting Information

You are free to explore the Website without providing any personal information about yourself. When you visit the Website or register for the subscription service, we provide some navigational information for you to fill out your personal information to access some content we offered.

SMG may collect your personal data such as your name, email address, company name, phone number and other information about yourself or your business. We are collecting your data in some ways, online and offline. SMG collects your data online using features of social media, email marketing, website, and cookies technology. We may collect your data offline in events like conference, gathering, workshop, etc. However, we will not use or disclose those informations with third party or send unsolicited email to any of the addresses we collect, without your express permission. We ensure that your personal identities will only be used in accordance with this Privacy Policy.

How SMG Use the Collected Information

SMG use the information that is collected only in compliance with this privacy policy. Customers who subscribe to our subscription services are obligated through our agreements with them to comply with this Privacy Policy.

In addition to the uses of your information, we may use your personal information to:

  • Improve your browsing experience by personalizing the websites and to improve the subscription services.
  • Send information about SMG.
  • Promote our services to you and share promotional and informational content with you in accordance with your communication preferences.
  • Send information to you regarding changes to our customers’ terms of service, Privacy Policy (including the cookie policy), or other legal agreements

Cookies Technology

Cookies are small pieces of data that the site transfers to the user’s computer hard drive when the user visits the website. Cookies can record your preferences when visiting a particular site and give the advantage of identifying the interest of our visitor for statistical analysis of our site. This information can enable us to improve the content, modifying and making our site more user friendly.

Cookies were used for some reasons such as technical reasons for our website to operate. Cookies also enable us to track and target the interest of our users to enhance the experience of our website and subscription service. This data is used to deliver customized content and promotions within the Helios to customers who have an interest on particular subjects. You have the right to decide whether to accept or refuse cookies. You can edit your cookies preferences on browser setup. If you choose to refuse the cookies, you may still use our website though your access to some functionality and areas of our website may be restricted. This Website may also display advertisements from third parties containing links to other websites of interest. Once you have used these links to leave our site, please note that we do not have any control over the website. SMG cannot be responsible for the protection and privacy of any information that you provide while visiting such websites and this Privacy Policy does not govern such websites.

Control Your Personal Data

SMG give control to you to manage your personal data. You can request access, correction, updates or deletion of your personal information. You may unsubscribe from our marketing activity by clicking unsubscribe us from the bottom of our email or contacting us directly to remove you from our subscription list.

We will keep your personal information accurate, and we allow you to correct or change your personal identifiable information through info@magnaglobal.id