Blog & News

Mengenal Apa Itu Privileged Access Management dan Manfaatnya untuk Bisnis

Bisnis yang semakin berkembang tentu akan memiliki aset yang kian banyak sehingga perlu kemampuan dan sumber daya khusus untuk mengelolanya. Sebagai imbasnya, aset yang semakin banya tentu akan memiliki risiko kerentanan yang kian tinggi, mulai dari kerusakan hingga kehilangan yang membutuhkan solusi tepat untuk melindunginya.

Kerentanan yang dialami korporasi ada kaitannya dengan adanya penyalahgunaan hak akses secara internal. Di sisi lain, kerentanan juga berpotensi memicu pencurian dari pihak eksternal. Ancaman kebocoran hingga pencurian data akan memicu kerugia, kelumpuhan bisnis, hingga turunnya kepercayaan costumer.

Untuk mencegah kejadian tersebut, korporasi dapat menggunakan solusi Privileged Access Management demi memberikan keamanan pada sistem dan akses ke sistem IT bisnis Anda. Lantas apa sebenarnya PAM dan sejauh mana manfaatnya untuk bisnis Anda? Ketahui lebih lanjut seluk beluk PAM dalam pembahasan berikut.

Apa Itu Privileged Access Management

Privileged Access Management (PAM) merupakan solusi untuk memberikan otoritas pada akun atau proses tertentu dalam sistem atau jaringan komputasi untuk mengelola akses user terhadap suatu prangkat, mulai dari mematikan sistem, memuat driver perangkat, mengkonfigurasi jaringan atau sistem, menyediakan dan mengkonfigurasi akun dan instant cloud, serta hak istimewa lainnya. Pam merupakan kombinasi tools dan teknologi untuk mengamankan, mengontrol, dan memantau ke aset penting bisnis.

Morey Haer dan Brad Hibbert dalam bukunya “Privileged Attack Vectors” seperti mengutip Beyond Trust, mendefinisikan PAM sebagai hak khusus atau keuntungan di luar pengguna standar untuk tujuan operasional. Hak istimewa itu memungkinkan pengguna, aplikasi, dan proses sistem lain meningkatkan hak untuk mengakses resources tertentu dan menyelesaikan tugas terkait pekerjaan. PAM dapat dikaitkan dengan pengguna manusia maupun non-manusia seperti aplikasi dan machine identity untuk mengamankan infrastruktur, aplikasi, menjalankan bisnis secara efisien, menjaga kerahasiaan data sensitif dan infrastruktur penting.

PAM saat ini banyak diimplementasikan di industri fintech, perbankan, dan lainnya untuk mengatur kebijakan keamanan, kerahasiaan password akses ke perangkat server, storage, hingga perangkat jaringan pada data center atau disaster recovery center. PAM melakukan automatisasi password dan manajemen session, menyediakan kontrol akses yang aman, audit, alert, dan menyimpan semua akun yang memiliki hak istimewa dari lokal atau domain shared administrator ke personal user akun admine, service, operating system, perangkat network, database (A2DB) dan akun aplikasi (A2A) bahkan ssh keys, cloud, dan akun media sosial.

PAM terkadang juga disebut sebagai Privileged Identity Management (PIM) atau Privileged Access Security (PAS). PAM didasarkan pada prinsip hak istimewa yang diberikan dengan berbagai parameter, termasuk jenis tugas dan pekerjaan, senioritas, waktu, keadaan khusus, dan lainnya seperti oleh administrator sistem atau jaringan. PAM didasarkan pada prinsip hak istimewa paling rendah untuk mengurangi potensi serangan dan risiko kejahatan yang menyebabkan pelanggaran data.

Cara Kerja Privileged Access Management

Pada dasarnya PAM dapat mengamankan jaringan dan meningkatkan visbilitas, sekaligus mengurangi kerumitan operasional bisnis Anda. Mengutip StrongDM, secara umum PAM memiliki empat cara kerja.

Mengelola Hak Akses

PAM membatasi peluang terjadinya kesalahan pengguna dan meningkatkan keamanan dari serangan berbahaya sehingga bisnis dan lembaga pemerintah dapat mencegah dan menanggapi ancaman eksternal dan internal. Penerapan PAM dapat mengurangi permukaan serangan siber dengan menetapkan akses hak paling dasar untuk manusia, proses, dan aplikasi untuk mengurangi rute dan entri yang kerap digunakan penyerang.

Sentralisasi Akses Administrasi

Kompleksitas operasional akan berkurang dengan memberikan akses secara luas ke akun istimewa yang dapat mengakibatkan terjadinya pelanggaran keamanan dan gangguan besar. Melalui pendekatan yang lebih holistik, PAM meningkatkan alur kerja sehingga administrator dapat mengikuti protokol berbeda untuk setiap sistem di beberapa jaringan. Dengan kerangka kerja pengelolaan PAM yang efektif, admin dapat mengelola akun penting dari lokasi pusat dan pengguna dapat mengakses sistem yang dibutuhkan lewat sistem single sign on tanpa banyak memasukkan password.

Pemantauan Aktivitas PAM

Pemantauan aktivitas terhadap akun istimewa memungkinkan pengguna lebih mudah mengidentifikasi dan merespons masalah secara real-time. Admin dapat mengamati aktivitas setiap akun istimewa untuk meningkatkan visibilitas di seluruh jaringan, mulai dari karyawan, perangkat, hingga vendor third party. Ketersediaan alat pemantauan menjadikan solusi PAM komprehensif untuk menyederhanakan persyaratan audit dan kepatuhan hingga membantu bisnis Anda mematuhi aturan, seperti SOC 2, ISO 270001, GDPR, HIPAA, dan DSS.

Mengamankan Akses Cloud-Forward dan Hybrid Remote

Cara kerja ini memngkinkan tenaga kerja terdistribusi sehingga lebih banyak aplikasi Software as a Service (SaaS), otomatisasi infrastruktur, dan akun layanan yang terhubung dari berbagai lokasi. Dengan car aini, akan semakin banyak proses otmatisasi dibandingkan jumlah orang dalam satu organisasi. Di sisi lain, bisnis perlu sesuatu yang lebih terperinci dari sekedar VPN untuk mengamankan akses ke lingkungan cloud dan hybrid.

Tujuan Privileged Access Management

Secara umum, PAM memiliki dua tujuan utama. Pertama untuk membangun kembali kontrol atas lingkungan Active Directory yang disusupi dengan mempertahankan lingkungan terpisah yang diketahui tidak terpengaruh oleh serangan berbahaya. Sementara tujuan kedua yakni dengan memisahkan penggunaan akun istimewa untuk mengurangi risiko kredensial dicuri.

4 Manfaat Privileged Access Management

Potensi penyalahgunaan, eksploitasi, atau kesalahan bisa terjadi seiring dengan semakin banyak hak istimewa dan akses yang dikumpulkan pengguna, akun, atau proses. Penerapan PAM dapat meminimalkan potensi tersebut dan membantu membatasi ruang lingkup terjadinya pelanggaran. Dilansir Cyberark, berikut empat manfaat menerapkan PAM.-

– Melindungi dari ancaman internal dan eksternal dengan membatasi hak istimewa untuk orang, proses, dan aplikasi sehingga jalur dan pintu masuk untuk eksploitasi berkurang.

– Mengurangi infeksi dan penyebaran malware dengan menghapus hak istimewa yang berlebihan di seluruh bisnis sehingga pijakan dan infeksi infeksi malware dapat berkurang.

– Membatasi hak istimewa untuk melakukan aktivitas resmi dapat menurangi kemungkinan masalah ketidakcocokan antara aplikasi atau sistem sehingga dapat mengurangi risiko downtime dan meningkatkan kinerja operasional.

– PAM dapat membantu menciptakan lingkungan yang tidak terlalu rumit untuk mencapai dan membuktikan kepatuhan sehingga lebih mudah saat proses audit.

3 Alasan Pentingnya Privileged Access Management

Bisnis yang memprioritaskan PAM sebagai bagian dari strategi keamanan siber dapat merasakan sejumlah manfaat organisasi, seperti mengurangi risiko keamanan dan mengurangi permukaan serangan siber secara keseluruhan, mengurangi biaya dan kompleksitas operasional, meningkatkan visibilitas dan kesadaran situasional di seluruh perusahaan dan meningkatkan peraturan kepatuhan. Berikut tiga alasan pentingnya bagi korporasi dan lembaga pemerintah menggunakan solusi PAM:

Mengontrol Akses untuk Privileged Account

Korporasi dan lembaga pemerintah dapat melacak akses kredensial dari satu lokasi dan secara otomatis menyediakan atau mencabut user saat ada perubahan status kepegawaian. Selain itu, bisnis juga dapat merekam sesi untuk meningkatkan visbilitas ke dalam aktivitas kredensial dan menyimpan arsip aktivitas user yang dapat ditelusuri untuk memenuhi policy compliance dan meninjau akses jika ada aktivitas mencurigakan. Cara ini memastikan korporasi mempertahankan kendali atas aset penting mereka.

Mencegah Serangan ke Aset Penting

Data dan akun penting milik korporasi merupakan sasaran utama aksi peretasan. Di sisi lain keduanya juga rentan disalahgunakan oleh mantan karyawan. Di sisi lain, adopsi PAM di aplikasi Commercial-off-the-Shells (COTS) seperti cloud, DevOps, otomatisasi robotik, IoT, dan lainnya rentan dieksploitasi penyerang. Penyerang kerap menyasar endpoint (laptop, smartphone, tablet, desktop, server, dan lainnya) dan workstatin yang secara default memiliki hak istimewa. Penyerang dapat mengeksploitasi akun administrator internal untuk berpindah dari satu workstation ke workstation lain, mencuri kredensial tambahan, meningkatkan hak istimewa, dan bergeral secara lateral melalui jaringan. PAM secara proaktif memperhitungkan penghapusan hak administratif lokal secara komprehensif di workstation untuk mengurangi risiko.

Mengatur Akses secara Terpusat

Korporasi dapat mengelola semua akun yang memiliki hak istimewa dari lokasi pusat, terlepas dari platform, hardware, aplikasi, atau layanan yang digunakan. Pengelola akses terpusat memudahkan korporasi melihat pengguna dan grup mana yang memiliki akses ke sistem, aset, dan data penting bisnis.

Dapatkan solusi Privileged Access Management dari Magna

Smartnet Magna Global (Magna) menawarkan solusi Privileged Access Management untuk mengamankan, mengontrol, dan memantau ke akses penting bisnis. Dengan menggunakan solusi PAM dari Magna, Anda dapat mengurangi risiko keamanan dan mengurangi permukaan serangan siber secara keseluruhan, mengurangi biaya dan kompleksitas operasional, meningkatkan visibilitas.

Saat infrastruktur TI Anda berkembang, Anda perlu membuat akun dengan hak istimewa bagi karyawan tepercaya untuk mengelolanya. Solusi PAM dari SMG memungkinkan Anda untuk memantau dan merekam semua aktivitas pengguna istimewa, dan menyimpan kredensial pengguna istimewa di brankas terpusat untuk mencegah pelanggaran data dan ancaman orang dalam. SMG memberikan layanan profesional sebagai value added services mencakup area desain dan konsultasi, project management dan implementasi, serta project maintenance. Solusi terbaik SMG telah digunakan oleh bisnis di sejumlah industri, mulai dari mining, telekomunikasi, logistik, transportasi, perbankan, konstruksi, e-commerce, multi-finance, dan pemerintahan.

Magna didukung tenaga ahli tersertifikasi di berbagai produk dan solusi akan membantu Anda mencari solusi terbaik, fleksibel, dan skalabel. Proses monitoring dan management selama 24/7, advanced response untuk ancaman siber serta data center yang mampu terintegrasi di berbagai industri. Untuk solusi lengkap Magna lainnya, Anda dapat menghubungi kami di info@magnaglobal.id.

Penulis: Ervina Anggraini

Content Writer CTI Group

Start a Conversation

Privacy Policy

PT Smartnet Magna Global (“SMG” or “us”) is strongly committed to ensuring that your privacy is protected as utmost importance to us. https://www.magnaglobal.id/, we shall govern your use of this website, including all pages within this website (collectively referred to herein below as this “Website”), we want to contribute to providing a safe and secure environment for visitors.

The following are terms of privacy policy (“Privacy Policy”) between you (“you” or “your”) and SMG. By accessing the website, you acknowledge that you have read, understood and agree to be bound by this Privacy Policy.

Use of The Subscription Service by SMG and Our Customers

When you request information from SMG and supply information that personally identifies you or allows us to contact you, you agree to disclose that information with us. SMG may disclose such information for marketing, promotional and activity only for the purpose of SMG and the Website.

Collecting Information

You are free to explore the Website without providing any personal information about yourself. When you visit the Website or register for the subscription service, we provide some navigational information for you to fill out your personal information to access some content we offered.

SMG may collect your personal data such as your name, email address, company name, phone number and other information about yourself or your business. We are collecting your data in some ways, online and offline. SMG collects your data online using features of social media, email marketing, website, and cookies technology. We may collect your data offline in events like conference, gathering, workshop, etc. However, we will not use or disclose those informations with third party or send unsolicited email to any of the addresses we collect, without your express permission. We ensure that your personal identities will only be used in accordance with this Privacy Policy.

How SMG Use the Collected Information

SMG use the information that is collected only in compliance with this privacy policy. Customers who subscribe to our subscription services are obligated through our agreements with them to comply with this Privacy Policy.

In addition to the uses of your information, we may use your personal information to:

  • Improve your browsing experience by personalizing the websites and to improve the subscription services.
  • Send information about SMG.
  • Promote our services to you and share promotional and informational content with you in accordance with your communication preferences.
  • Send information to you regarding changes to our customers’ terms of service, Privacy Policy (including the cookie policy), or other legal agreements

Cookies Technology

Cookies are small pieces of data that the site transfers to the user’s computer hard drive when the user visits the website. Cookies can record your preferences when visiting a particular site and give the advantage of identifying the interest of our visitor for statistical analysis of our site. This information can enable us to improve the content, modifying and making our site more user friendly.

Cookies were used for some reasons such as technical reasons for our website to operate. Cookies also enable us to track and target the interest of our users to enhance the experience of our website and subscription service. This data is used to deliver customized content and promotions within the Helios to customers who have an interest on particular subjects. You have the right to decide whether to accept or refuse cookies. You can edit your cookies preferences on browser setup. If you choose to refuse the cookies, you may still use our website though your access to some functionality and areas of our website may be restricted. This Website may also display advertisements from third parties containing links to other websites of interest. Once you have used these links to leave our site, please note that we do not have any control over the website. SMG cannot be responsible for the protection and privacy of any information that you provide while visiting such websites and this Privacy Policy does not govern such websites.

Control Your Personal Data

SMG give control to you to manage your personal data. You can request access, correction, updates or deletion of your personal information. You may unsubscribe from our marketing activity by clicking unsubscribe us from the bottom of our email or contacting us directly to remove you from our subscription list.

We will keep your personal information accurate, and we allow you to correct or change your personal identifiable information through info@magnaglobal.id